Quintel Blogger theme

A free Premium Blogger theme.

Kamis, 17 September 2020

7 Kebiasaan yang Menghemat Bahan Bakar Mobil


Kebiasaan-kebiasaan kecil yang Anda lakukan pada mobil bisa membantu untuk berhemat bahan bakar minyak. Salah satunya adalah memilih bahan bakar yang tepat, termasuk dari Shell. Saat ini membeli bensin tidak serumit dulu, bahkan terdapat Voucher Shell fisik maupun digital.  

Menghemat Bahan Bakar Mobil

Ada berbagai cara menghemat bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan roda empat. Berikut ini adalah beberapa tips kebiasaan untuk menghemat BBM yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa Filter Secara Rutin 
Saringan udara atau filter pada mobil merupakan bagian dari mobil untuk menyaring udara kotor dari luar. Penyaring udara harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin agar pembakaran pada mesin tetap dingin.

Ketika saringan udara kotor, maka mobil Anda akan mengonsumsi BBM lebih banyak karena proses pembakaran lebih besar. Saringan udara yang kotor juga akan mempengaruhi laju mobil sehingga mobil tidak dapat melaju dengan kencang.

2. Mengurangi Beban Mobil 
Beban mobil bisa menyebabkan mobil boros BBM. Hal in terjadi karena beban yang terlalu berat akan melambatkan kecepatan mobil. Saat kecepatan ini melambat, maka penggunaan BBM pun boros.

Untuk mengangkut barang yang besar dan berat, Anda sebaiknya menggunakan mobil pengangkut. Dengan demikian, BBM pada mobil Anda akan lebih irit. Jika Anda terpaksa menggunakan mobil pribadi untuk mengangkut barang, pilihlah BBM berkualitas seperti Shell. Anda tidak perlu membayar lebih karena bisa menggunakan voucher Shell kondisi fisik atau digital agar lebih berhemat.

3. Jadwalkan Servis Berkala 
Servis secara berkala tidak hanya bisa menghemat BBM tetapi juga mendeteksi permasalahan pada mobil secara dini. Buatlah jadwal rutin untuk menyervis mobil Anda. Pastikan Anda mengingat jadwal servis selanjutya. 

4. Matikan Mesin saat Menunggu di Mobil
Saat Anda menyalakan mesin ketika mobil tidak berjalan, maka aktivitas ini akan membuang-buang BBM. Biasanya, banyak orang menyalakan mobil ketika menunggu, alasannya adalah agar AC di dalam mobil tetap menyala.

Namun, kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk. Ketika harus menunggu di dalam mobil, sebisa mungkin carilah tempat yang teduh sehingga mobil tidak perlu menyalakan AC terlalu sering.

Tempat yang sejuk dan teduh akan mendinginkan mobil Anda sehingga tidak ada nada penguapan bahan bakar yang besar.

5. Mengisi BBM saat Belum Kosong 
Mengisi tangki BBM pada mobil saat masih ada bensin di dalamnya merupakan kebiasaan yang bisa menghemat BBM. Tangki yang terisi separuh penuh akan mengurangi penguapan BBM yang terjadi secara cepat.

6. Mengemudi Sesuai Batas Kecepatan 
BBM dapat dihemat apabila Anda mengemudi sesuai dengan batas kecepatan yang tercantum di rambu lalu lintas. Biasanya, gas tidak terkendali dengan baik ketika di jalan tol. Oleh karena itu, kecepatan yang sesuai dan konstan akan membantu menghemat BBM.

7. Tidak Membiasakan Rem Mendadak 
Melakukan pemberhentian atau mengerem mendadak akan membuat boros BBM. Untuk mencegah ini, Anda bisa menghindari daerah yang macet. Apabila macet tidak terhindarkan, Anda bisa menjaga jarak pada kendaraan di depan Anda. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan kapan akan berhenti.

BBM yang habis sebelum sampai di tujuan bisa berbahaya jika mobil berjalan di tengah jalan tol. Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan mobil rutin, mulai dari mengecek tekanan ban, memastikan rem berfungsi dengan baik maupun mengisi bensin, terutama saat akan pergi jauh. Untuk membeli BBM berkualitas, Anda bisa menggunakan Shell dan membeli voucher Shell di marketplace terpercaya. 

0 komentar:

Posting Komentar