Quintel Blogger theme

A free Premium Blogger theme.

Kamis, 11 April 2019

Cara Ini Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan Pribadi


Masih ingat pertama kali Anda mendapatkan gaji dari perusahaan Anda? Anda pasti akan merasa excited karena mendapatkan upah dari hasil keringat Anda selama satu bulan ini. Upah yang diberikan bisa Anda pakai untuk keperluans ehari-hari, menabung, modal usaha, dan rekreasi.

Namun, tanpa Anda sadari uang itu akan lenyap hanya dalam hitungan hari saja sehingga hal ini akan membuat Anda bingung. Mau tak mau Anda harus berhutang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Gaji atau upah yang diberikan perusahaan sebenarnya bisa saja mencukupi kebutuhan sehari-hari Anda, tergantung bagaimana Anda mengelolanya. Terlepas dari besar kecilnya gaji yang Anda dapatkan, jika Anda dapat mengelola keuangan tersebut dengan baik, maka Anda akan selamat dari jeratan hutang. Namun ada beberapa hal yang tidak bisa dipungkiri, bahwa harga-harga kebutuhan pokok semakin mahal, sehingga membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit.

Selain itu, gaya hidup juga berperan penting dalam kehidupan Anda. Gaya hidup yang mewah tidak cukup hanya dengan mengeluarkan budget yang sedikit. Gaya hidup yang mewah menuntut Anda untuk selalu mengeluarkan pengeluaran yang lebih banyak dari yang sudah dianggarkan.

Hal ini disebabkan kepuasan tidak diimbangi dengan realita. Semisal Anda memiliki gaji 5 juta perbulan, lalu Anda menghabiskan 3 juta hanya untuk memenuhi gaya hidup Anda, maka Anda tergolong boros. 

Mengatur Keuangan Pribadi

Menghabiskan uang secara cuma-Cuma tidak akan membuat Anda bertambah kaya. Alih-alih menjadi orang kaya, Anda hanya akan dihantui oleh tagihan yang membengkak karena berhutang sana-sini untuk mencukupi kebutuhan. Sifat boros atau foya-foya ini sebaiknya Anda hindari karena tidak memiliki manfaat. Ada baiknya jika hasil keringat Anda ditabung sebagian untuk modal usaha dan rencana kehidupan jangka panjang.

Mengatur keuangan bukan lah hal yang sulit, namun jika Anda mengaturnya dengan cara yang kurang tepat, kemungkinan keuangan Anda akan sedikit bermasalah. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips mengatur keuangan pribadi di bawah ini agar keuangan Anda tetap selamat. Berikut ulasannya.

1. Membuat daftar anggaran
Jika Anda sudah membuat perencanaan daftar anggaran, maka keuangan Anda akan lebih stabil. Daftar anggaran ini meliputi pengeluaran rumah tangga sehari-hari, misalnya tagihan rekening listrik, tagihan air, cicilan mobil, cicilan rumah, asuransi, dan adarurat, tabungan pendidikan, tabungan modal usaha (jika ada), shopping, travelling, dan masih banyak lagi. 

Hal ini akan membantu Anda dalam mengatur keuangan agar lebih terarah, sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan pengeluaran yang Anda dapat setiap bulannya.

2. Membuat laporan pengeluaran
Poin yang kedua ini tidak kalah pentingnya. Catatlah setiap pengeluaran yang Anda keluarkan setiap harinya. Dengan ini, Anda akan mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan dan kemana uang itu dihabiskan. 

Selain itu, catat juga barang-barang yang Anda beli agar Anda tidak perlu membelinya lagi di kemudian hari. Struk-struk pembelanjaan pun baiknya disimpan jika suatu hari Anda lupa mencatat pengeluaran harian.

3. Menabung
Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu menabung. Sisihkan sebagian gaji Anda untuk menabung paling tidak 20% atau disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga perlu mengalokasikan tabungan Anda untuk keperluan di masa mendatang, seperti dana tabungan pendidikan anak-anak, pembelian mobil, haji atau umroh, dan lain-lain. Menabung akan menekan pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting, juga Anda bisa lebih menghemat dalam berbelanja.

4. Membayar Hutang
Jika Anda memiliki hutang di masalalu, jangan pernah menganggap remeh urusan ini. Sisihkan sebagian uang dari gaji Anda untuk membayar hutang yang belum terlunasi. Hal ini dilakukan agar hutang tidak menumpuk sehingga tidak membebani pengeluaran Anda.

5. Memiliki rekening bank lebih dari 1
Memiliki rekening bank lebih dari satu sebaiknya Anda pertimbangkan. Satu rekening digunakan khusus untuk menabung, sedangkan rekening yang lainnya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk menerima gaji/pemasukan, membayar tagihan, melakukan transaksi jual beli, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar Anda dapat memantau keuangan Anda dengan mudah.

6. Menggunakan kartu kredit secara bijak
Kartu kredit memang selalu memberikan penawaran promo-promo yang menarik. Maka dari itu bijak lah dalam menggunakan promo itu untuk membeli barang-barang yang diperlukan, atau bisa juga digunakan untuk membayar biaya tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda.

7. Melakukan perbandingan
Melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran wajib dilakukan. Bandingkan anggaran yang telah dibuat dengan pengeluaran Anda setiap bulannya, apakah pengeluarannya lebih banyak dari anggaran atau sebaliknya.

Jika pengeluaran ternyata lebih besar dari anggaran, makalakukan pembenahan pada anggaran Anda hingga sesuai dengan pengeluaran. Cek juga catatan pengeluaran harian untuk mengetahui besar pengeluaran setiap harinya.

8. Melakukan investasi
Jika Anda memiliki sisa uang pengeluaran, maka disarankan untuk menggunakannya sebagai dana investasi. Alokasikan dana Anda untuk asuransi, reksadana, maupun perhiasan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Lain halnya dengan menabung, dana investasi tidak dapat diambil secara sembarang. 

Demikianlah beberapa tips untuk mengatur keuangan Anda agar lebih stabil. Apabila memiliki tabungan, ada baiknya digunakan sebagai modal membuka usaha. Namun jika keuangan belum stabil dan Anda berencana membuka usaha, Anda bisa mengandalkan moda usaha yang ditawarkan oleh https://www.cekaja.com/small-business-banking.



1 komentar: