Quintel Blogger theme

A free Premium Blogger theme.

Sabtu, 09 Februari 2019

Cara Menyusui: Manfaat Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi


Cara menyusui yang baik dan benar menjadi PR bagi Anda yang tengah menjadi ibu baru. Belum adanya pengalaman serta minimnya wawasan bisa jadi membuat Anda kesulitan ketika menyusui si kecil. Oleh karena itu jangan sungkan bertanya kepada orang-orang yang lebih tua agar bisa melakukan hal ini dengan baik. Atau Anda juga bisa mencari informasinya melalui internet. 

Tapi tak cukup sebatas mengetahui cara menyusui yang baik, bunda juga perlu tahu pentingnya memberi AS secara eksklusif pada bayi. Harapannya bunda dapat memberikan ASI eksklusif hingga usia 2 tahun. Sepintas mungkin bunda sudah tahu kalau ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi. Sebab ASI kaya akan nutrisi dan antibodi pelindung tubuh yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan ulasan seputar manfaat penting ASI eksklusif bagi bayi. 

Kandungan Zat Besi Terjamin
Perlu diketahui bahwa ASI kaya akan zat besi. Bagi bunda yang memilih memberikan ASI eksklusif terhadap sang buah hati, ini bisa menjamin kebutuhan zat besi bagi si kecil. 

Sehat bagi Ibu
Tidak hanya bagi bayi, bagi bunda menyusui merupakan kegiatan yang menyehatkan. Menurut penelitian, ibu yang tidak menyusui memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium, rahim, dan payudara. Dengan begitu, bagi ibu yang menyusui kemungkinan terkena kanker bisa dikurangi.

Masih menurut riset tersebut, potensi berkurangnya risiko kanker payudara bagi ibu menyusui itu bisa berkurang hingga 25 persen. Bagi ibu yang selama ini mungkin khawatir dengan kanker, cara menekan risikonya ternyata mudah bukan? Cukup dengan menyusui sang buah hati saja.

Bahkan dalam riset lainnya, manfaat menyusui bagi ibu juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Ibu yang menyusui selama satu tahun, Sembilan persen lebih kecil kemungkinannya mengalami penyakit kardiovaskular dibandingkan yang tidak menyusui. Ibu menyusui juga 12 persen lebih kecil kemungkinannya terkena tekanan darah tinggi dibanding yang tidak menyusui. 

Bagi ibu yang tengah menyusui juga 20 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami diabetes dan 19 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami obesitas. Intinya, banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan oleh bunda dengan menyusui. 

Sehat bagi Bayi
Peningkatan kesehatan itu juga bukan hanya dirasakan oleh ibu, tapi juga oleh sang bayi. Menurut penelitian, orang dewasa saat bayi disusui oleh bundanya akan memiliki lebih sedikit risiko terkena kardiovaskular. Juga lebih rendah potensinya terkena penyakit radang usus, asma, dan kanker.

Gigi Bayi Lebih Bagus 
ASI berperan dalam membantu mencegah kerusakan gigi si kecil nantinya. Lain halnya bagi bayi yang diberi susu formula, biasanya lebih rentan mengalami kerusakan gigi.

Bagus bagi Penglihatan Anak
Manfaat ASI eksklusif itu juga berdampak pada sisi penglihatan bayi. Dalam ASI terdapat DHA yang merupakan salah satu komponen penting bagi retina mata. Dengan begitu, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, organ mata akan berfungsi lebih baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ini sudah banyak diketahui bahwa ASI sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga nantinya bayi akan lebih kuat dalam melawan kuman, bakteri, dan virus.

Fitrah sebagai Ibu
Menyusui memang sudah merupakan fitrah sebagai seorang perempuan. Oleh karena itu, setelah bunda melahirkan dan memiliki ASI yang mencukupi, sebaiknya tunaikan tugas ini dengan baik. 

Sebab banyak ibu lainnya yang ingin menyusui tapi tak memiliki air ASI yang cukup. Oleh karena itu, ibu yang memiliki cukup ASI wajib bersyukur karena diberikan persediaan ASI yang cukup untuk bisa menyusui si kecil. Ibu yang menyusui juga bisa membangun kedekatan dengan si kecil sehingga nantinya hubungan batin antara anak dan ibu bisa terjalin kuat. 

Mungkin bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan terkadang belum tahu cara menyusui yang benar. Jangan menyerah, selama Anda mau belajar, pelan tapi pasti Anda akan terbiasa dengan rutinitas menyusui. Dengan begitu secara tidak langsung Anda pun akan semakin mahir menyusui. Akan menjadi kebahagiaan tersendiri apabila Anda dapat menyusui si kecil hingga usia 2 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar